Provinsi Kerala Dapat Izin Dirikan Lembaga Keuangan Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, KOCHI — Pemerintah Provinsi Kerala, India, telah mendapat lampu hijau dari Reserve Bank of India (RBI) untuk meluncurkan lembaga keuangan syariah. Cheraman Financial Services Limited (CFSL) akan diluncurkan oleh Perusahaan Negara Pembangunan Industri Kerala (NBFC) sebagai perusahaan pembiayaan non bank yang menjalankan bisnis sesuai prinsip syariah.

CFSL merupakan  reinkarnasi terbaru dari Al Baraka Financial Services. Pemerintah India sebelumnya berharap dapat meningkatkan Rs 40 ribu crore. CFSL akan memiliki modal disetor sekitar Rs 100 crore tetapi angka tersebut akan ditingkatkan menjadi Rs 250 crore sebagai dana investasi.

Sama seperti lembaga keuangan syariah lain, tidak ada bunga pada bisnis CFSL. Perusahaan tersebut akan menargetkan sektor-sektor seperti infrastruktur, sektor jasa dan manufaktur. Perusahaan tidak akan menyasar bisnis minuman keras, tembakau, perjudian dan spekulasi.

Financing Start-Up merupakan salah satu pilot project. Perusahaan juga berencana mendirikan sebuah kompleks komersial dan mengoperasikan layanan pesawat amfibi. “Kami telah menerima banyak makalah konsep. Kami akan memilih beberapa yang layaknya untuk memulainya,” ujar salah seorang sumber seperti dikutip Times of India, Ahad (18/8).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s