#Kultwit: Makroekonomi dan Mikroekonomi Islam

# Ilmu makroekonomi dan ilmu Mikroekonomi mempunyai dasar-dasar yang sama.  Perbedaan mendasarnya adalah level of playing field-nya.

# Pengambilan keputusan pada Mikroekonomi terjadi pada level individu, sedangkan pada Makroekonomi terjadi pada level makro seperti negara.

# Cara mudah memberikan nuansa makroekonomi adalah dengan menambahkan kata ‘negara’ di setiap nama ‘individu’.

# Cara mudah untuk memberikan nuansa mikroekonomi adalah dengan menganggap suatu negara sebagai suatu individu pelaku pasar.

#  Setiap teori ekonomi baik makro maupun mikro, harus memenuhi kriteria ilmu ekonomi: “minimizing something subject to something else”.

#  Setiap teori ekonomi baik makro maupun mikro, harus memenuhi kriteria ilmu ekonomi: “maximizing something subject to something else”.

# Kontribusi Islam dalam pemikiran ekonomi seakan hilang ditelan peradaban dunia, sehingga buku-buku sejarah pemikiran ekonomi tidak ada.

# Adam Smith yang dikenal sebagai Bapak Ilmu Ekonomi pernah menyebut Ekonomi Islam dalam bukunya The Wealth of Nations, volume 5.

# Adam Smith menyebut: perekonomian yang maju pada masanya adalah perekonomian Arab yang dipimpin “Mahomet and his immediate successors”.

# Ilmu ekonomi adalah warisan peradaban, bagaikan bangunan bertingkat, yang masing-masing kaum telah memberikan kontribusi pada jamannya.

# Ulama Islam tidak menolak pengaruh pemikiran filsuf non muslim selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam itu sendiri.

# Dengan dalil naqli dan aqli, cendekiawan muslim mengembangkan ekonomi Islam yang pengaruhnya terhadap pemikiran ekonom Eropa masih terasa.

-Multisumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s