#Kultwit: Permintaan dan Penawaran dalam Ekonomi Islam

# Pada masa kenabian ada pemikiran bahwa tinggi rendahnya permintaan terhadap barang komoditas ditentukan oleh harga barang bersangkutan.

# Bila tersedia sedikit barang, maka harga akan mahal dan bila tersedia banyak barang maka harga akan murah.

# Abu Yusuf adalah ulama terawal yang singgung mekanisme pasar. Ia memperhatikan peningkatan & penurunan produksi terkait perubahan harga.

# Al-Ghazaly pernah merinci peranan aktivitas perdagangan dan timbulnya pasar yang harganya bergerak sesuai permintaan dan penawaran.

# Bagi Al-Ghazaly, pasar merupakan bagian dari “keteraturan alami”. Tiap profesi kerja akan saling memenuhi kebutuhan masing-masing.

# Bila di pasar tidak bisa melakukan barter, orang akan menjual pada pedagang dengan harga murah kemudian disimpan sebagai persediaan.

# Di pasar, pedagang menjual barang dengan suatu tingkat keuntungan. Hal ini berlaku untuk setiap jenis barang.

# Al Ghazali tidak menolak kenyataan bahwa keuntunganlah yang menjadi motif perdagangan.

# Al Ghazali menjabarkan pentingnya peran pemerintah dalam menjamin keamanan demi kelancaran perdagangan dan pertumbuhan ekonomi.

# Al Ghazali bicara elastisitas permintaan: kurangi margin keuntungan dengan jual lebih murah akan tingkatkan volume penjualan & keuntungan.

# Tentang harga, Al Ghazali biasanya langsung mengaitkannya dengan keuntungan. Keuntungan belum jelas terkait dengan pendapatan dan biaya.

# Bagi Al Ghazaly, keuntungan adalah kompensasi dari kepayahan perjalanan, risiko bisnis dan ancaman keselamatan diri si pedagang.

-Multisumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s