#Kultwit: Baitul Mal masa Rasulullah SAW

# Sebelum Islam hadir, pemerintahan suatu negara dipandang sebagai satu-satunya penguasa kekayaan dan perbendaharaan negara.

# Sebelum Islam hadir, pemerintah bebas mengambil harta kekayaan rakyatnya sebanyak mungkin serta membelanjakannya sesuka hati.

# Sebelum Islam datang, tidak ada konsep tentang keuangan publik dan perbendaharaan negara di dunia.

# Hingga kini, sudah menjadi asumsi umum bahwa kekayaan berlimpah adalah  kunci sukses dan puncak kebesaran sebuah pemerintahan di dunia.

# Pemerintahan di belahan dunia manapun selalu memberikan perhatian terbesar pada masalah pengumpulan dan administrasi penerimaan negara.

# Dalam Islam, tampuk kekuasaan dipandang sebagai sebuah amanah yang harus dilaksanakan sesuai dengan perintah Alquran.

# Rasulullah tidak menganggap diri sebagai seorang raja/penguasa, tetapi sebagai orang yang diberikan amanah untuk mengatur urusan negara.

# Rasulullah merupakan kepala negara pertama yang memperkenalkan konsep baru di bidang keuangan negara pada abad ketujuh.

# Semua hasil pengumpulan negara harus dikumpulkan terlebih dahulu dan kemudian dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan negara.

# Harta pengumpulan negara adalah milik Negara, bukan individu. Tempat pengumpulan harta negara disebut Baitul Mal atau bendahara negara.

# Dalam batas tertentu, pemimpin negara dan para pejabat lainnya dapat menggunakan harta tersebut untuk mencukupi kebutuhan pribadinya.

# Baitul Mal masa Rasulullah terletak di komplek Masjid Nabawi yang juga sebagai kantor pusat negara sekaligus tempat tinggal Rasulullah.

# Harta negara disimpan di masjid dalam jangka waktu singkat untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat hingga tidak tersisa.

# Terdapat empat puluh nama sahabat yang jika digunakan istilah modern disebut sebagai pegawai sekretariat Rasulullah.

# Pada masa Rasulullah tidak ada bendaharawan negara. Kondisi ini hanya mungkin terjadi di lingkungan dengan pengawasan sangat ketat.

# Baitul Mal memainkan peran sangat penting dalam bidang keuangan dan administrasi negara, terutama pada masa al-Khulafa al-Rasyidun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s