Definisi Tabligh

Tabligh

1. Artinya komunikatif dan argumentatif. Orang yang memiliki sifat tabligh, akan menyampaikannya dengan benar (berbobot) dan dengan tutur kata yang tepat (bil-Hikmah). Jika merupakan seorang pemimpin dalam dunia bisnis, ia haruslah menjadi seorang yang mampu mengomunikasikan visi dan misinya dengan benar kepada karyawan dan stakeholders lainnya.

Jika dia seorang marketer, ia harus menjadi seorang kamunikator yang baik yang bisa berbicara benar dan bi alhikmah (bijaksana dan tepat sasaran) kepada mitra bisnisnya. Kalimat-kalimat yang keluar dari ucapannya “terasa berat” dan berbobot. Alquran menyebutnya dengan istilah qaulan sadidan (pembicaraan yang benar dan berbobot).

Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar (qaulan sadiidan), niscaya Allah memperbaiki bagimu amalamalmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu…. Dan barang siapa menaati Allah dan Rasul-Nya, sesungguhnya ia telah mendapatkan kemenangan yang besar” (al-Ahzab:70-73).

Dalam ayat lain disebutkan, “Oleh karena itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar (qaulan sadiidan). (an-Nisaa: 9). Sifat tabligh dengan bahasanya yang bil-hikmah, artinya berbicara dengan orang lain dengan sesuatu yang mudah dipahaminya dan diterima oleh akalnya, bukan berbicara sesuatu yang sulit dimengerti.

Ali r.a pernah mengatakan, “Ajaklah manusia berbicara dengan sesuatu yang mereka pahami, dan tinggalkan apa yang (yang tidak mereka mengerti). Apakah kamu ingin Allah dan Rasulnya-Nya didustakan? (Diriwayatkan oleh al- Bukhari). Allah berfirman, “Kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya dia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka” (Ibrahim: 4).

2. Artinya menyampaikan; yang menggambarkan kemampuan komunikasi dan hubungan personal dan leadership.

Sumber: Syakir Sula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s