Zakat Barang-Barang yang Telah Selesai Diproduksi (Barang Jadi)

Zakat Barang-Barang yang Telah Selesai Diproduksi (Barang Jadi)

Yang dimaksud dengan istilah ini adalah barang-barang yang diperuntukkan buat jual beli yang dimiliki perusahaan di akhir tahun anggaran. Istilah populer untuk pengertian di atas adalah barang-barang jadi. Barang-barang jadi dapat berbentuk materi dan non-materi.

Dalam sistem kalkulasinya diperlakukan sama yaitu dengan menentukan harga yang paling rendah antara harga pasaran dan harga modal dengan membuat alokasi dana untuk penurunan harga, kedaluwarsaan atau kekurang lancaran. Bila harga pasaran ternyata lebih rendah, dibuat juga alokasi dana untuk menanggulangi penurunan harga.

Cara penaksiran nilainya menurut hukum Islam:

Untuk barang-barang yang dibeli untuk dijual kembali, cara penaksiran nilainya adalah atas dasar harga pasar, bila dijual eceran, nilainya ditentukan menurut harga eceran, bila dijual grosiran, ditentukan menurut harga grosiran. Harga tersebut digabungkan dengan nilai barang-barang zakat lainnya sesuai dengan fatwa Simposium Masalah Zakat Kontemporer I tahun 1409 H/1994 M.

Untuk barang-barang yang diproduksi langsung oleh perusahaan untuk dijual, penaksiran nilainya dilakukan atas dasar harga pasaran bahan bakunya berikut dengan harga bahan tambahcn lain yang materinya kelihatan, kemudian digabungkan dengan nilai barang-barang zakat lainnya.

Mengenai alokasi dana yang disebutkan di atas, tidak dapat diterima dalam pengalkulasian zakat yang berdasar atas harga pasaran, namun bila dilakukan kalkulasi atas dasar harga modal sedangkan harga pasaran ternyata lebih rendah, alokasi dana untuk penurunan harga dapat dipotong dari barang-barang zakat. Barang-barang nonmateri mempunyai ketentuan hukum dan diperlakukan sama dengan barang-barang materi.

-Multisumber-

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s