Jenis Cek

Jenis Cek

(1) Cek Atas Nama: merupakan cek yang diterbitkan atas nama orang atau badan tertentu yang tertulis jelas di dalam cek tersebut, misalnya bayarlah kepada Tn. Badru sejumlah Rp3.000.000,00

(2) Cek Atas Unjuk: yaitu cek yang tidak tertulis nama seseorang atau badan tertentu di dalam cek tersebut. Sebagai contoh di dalam cek tersebut bayarlah tunai, atau cash atau tidak tertulis kata-kata apa pun.

(3) Cek Silang: jika suatu cek yang di pojok kiri atas diberi dua tanda silang sehingga cek tersebut berfungsi sebagai pemindahbukuan bukan tunai.

(4) Cek Mundur: merupakan cek yang diberi tanggal mundur dari tanggal sekarang, misalnya hari ini 1 Juni 2002, Tn. Badru bermaksud mencairkan ceknya di mana dalam cek tesebut tertulis tanggal 5 Juni 2002. Jenis cek inilah yang disebut dengan cek mundur, hal ini biasanya terjadi karena ada kesepakatan antara pemberi cek dengan si penerima cek.

(5) Cek Kosong; yaitu cek yang dananya tidak tersedia sebagai contoh misalnya nasabah menarik cek senilai 25 juta rupiah tertulis di dalam cek tersebut, akan tetapi dana yang tersedia di rekening giro tersebut hanya 20 juta rupiah. Jelas cek tersebut kurang jumlahnya dibandingkan dengan jumlah dana yang ada.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s