Zakat Saham

Zakat Saham

Cara membayar zakat saham:

Jika perusahaan yang bersangkutan telah membayar zakat sahamnya sesuai dengan yang telah diterangkan dalam pasal zakat perusahaan, si pemilik saham tidak lagi berkewajiban mengeluarkan zakat sahamnya, agar tidak terjadi pembayaran zakat ganda.

Bila perusahaan itu belum mengeluarkan zakatnya, si pemilik saham wajib membayar zakatnya dengan cara sebagai berikut: Bila si pemilik bermaksud memperjualbelikan sahamnya, volume zakat yang wajib dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari harga pasaran yang berlaku pada waktu kekayaan mencapai haulhaul seperti komoditas dagang yang lain.

Jika si pemilik hanya mengambil keuntungan dari laba tahunan saham itu, cara pembayaran zakatnya adalah sebagai berikut: 1. Jika ia bisa mengetahui, melalui perusahaan yang mengeluarkan saham atau pihak lain, nilai setiap saham dari total kekayaan perusahaan yang wajib dia zakati, ia wajib membayar zakatnya sebesar 2,5% dari nilai saham itu. 2. Jika ia tidak dapat mengetahuinya, ia harus menggabungkan laba saham tersebut dengan kekayaan yang lain dalam penghitungan haulhaul dan nisab kemudian membayar zakatnya sebesar 2,5%.

-Multisumber-

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s