Berbagai Definisi pada Akun atau Perakunan

Akun adalah Rekening (account).

Perakunan Bebas adalah Pemberian jasa-jasa akuntansi kepada pemakai jasa oleh akuntan yang tidak terikat sebagai karyawan atau pegawai dari perusahaan pemakai jasa akuntansi (public accounting).

Perakunan Biaya adalah Cabang ilmu akuntansi yang berhubungan dengan metode dan sistem pencatatan biaya langsung dan tidak langsung yang timbul dari jasa layanan bank pada berbagai unit dalam bank tersebut. Perakunan biaya juga mencatat seluruh pengeluaran yang meliputi berbagai jenis biaya, seperti biaya overhead yang mencakup sewa gedung, peralatan dan biaya penunjang administrasi, gaji pimpinan, biaya pemasaran termasuk pemasangan iklan dan promosi (cost accounting).

Perakunan Inflasi adalah Akun yang menunjukkan dampak inflasi terhadap harga suatu aset dengan cara membandingkan nilai aset sekarang dengan nilai pada saat aset tersebut dibeli (inflation accounting).

Akun–Perakunan adalah Proses pencatatan, penggolongan, dan pengiktisaran transaksi-transaksi perusahaan dalam nilai uang serta penyusunan laporan keuangan dan analisisnya; dengan demikian, dapat pula berarti bahwa perakunan merupakan sebuah sistem informasi untuk mengakumulasi, memproses, dan mengomunikasikan segala informasi yang berhubungan dengan transaksi keuangan dari para pelaku ekonomi (accounting).

Akun Aktif adalah Akun nasabah bank yang sering kali bermutasi berupa penyetoran dan/atau penarikan (active account).

Akun Antarbank Pasiva adalah Jumlah kewajiban suatu bank kepada bank lain yang setiap saat dapat ditarik; ant. Akun antarbank aktiva (due to account), akun ini hanya dikenal di Amerika Serikat (dur to account).

Akun Bukan Perseorangan adalah Rekening yang tidak atas nama orang atau badan dan tidak menunjukkan utang piutang kepada pihak lain, misalnya rekening biaya, rekening bunga, dan rekening kas; sin. Perkiraan bukan perseorangan (impersonal accounts).

Akun Kas adalah Akun yang berisi perincian jumlah uang kas yang masuk ataupun yang keluar. Pencatatan ini akan menunjukkan sisa uang kas yang harus ada (cash account).

Akun Kompensasi adalah Saldo akun simpanan pada bank pemberi pembiayaan yang harus dipelihara nasabah untuk jumlah tertentu sebagai imbangan minimum terhadap pemakaian pembiayaan yang diterima (compensating balance).

Akun Pihak Ketiga adalah Akun pada bank asing dalam valuta asing atas nama nasabah bank tersebut (loro account).

Akun Riil adalah Akun yang saldonya pada akhir periode dipindahkan ke neraca periode berikutnya, misalnya akun harta, utang, dan modal (real account).

Akun Tak-Aktif adalah Akun tabungan yang tidak menunjukkan mutasi yang aktif, kecuali pencatatan pendapatan bunga pada jangka waktu tertentu. Biasanya, saldo tabungan ini kecil, setiap bulan dibebani biaya jasa dalam jumlah tertentu; sin. Akun tidur (dormant account).

Akun Terasuransi adalah akun pada suatu bank yang dijamin dengan asuransi kerugian (insured account).

Akun Terbatas adalah akun yang hak penarikannya terbatas, misalnya akun yang diblokir (restrictive asets).

Akun Trust adalah nama singkat untuk semua jenis akun yang ditangani oleh bagian trust di sebuah bank atau suatu perusahaan. Istilah ini biasanya berlaku di Amerika Serikat; sin. rekening trust (trust account).

Akun Wesel Diskonto adalah perkiraan untuk membukukan wesel yang didiskonto, yaitu yang diambil alih oleh bank dengan harga setelah diperhitungkan marginnya (bills discounted account).

Sumber: Kamus Perbankan (BI)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s