Zakat Alokasi Biaya Sarana Usaha yang Sedang Beroperasi

Yang dimaksud dengan Zakat Alokasi Biaya Sarana Usaha yang Sedang Beroperasi adalah sejumlah biaya yang disisihkan dari pendapatan untuk menutupi perbedaan antara harga registrasi dan harga sekarang.

Hal ini dilakukan sebagai aplikasi dari kaidah kehati-hatian. Penaksiran harga dilakukan atas dasar biaya terendah antara pemakaian standar biaya atau standar harga pasar.

Di antara contoh alokasi seperti ini adalah: (i) Alokasi biaya untuk menutupi penurunan harga mata uang. (ii) Alokasi biaya untuk menutupi penurunan harga barang tak bergerak yang dibuat sebagai modal dagang. (iii) Alokasi biaya untuk menutupi utang-utang yang diragukan kebenarannya.

Penaksiran dan hukum syariatnya:

Mengingat bahwa cara menentukan nilai barang-barang modal yang sedang beroperasi (aktif ) untuk tujuan zakat dilakukan atas dasar harga pasaran, potongan semacam ini tidak termasuk kebutuhan yang harus dipotong dari barang-barang zakat.

Namun, bila harga barang-barang yang sedang beroperasi tersebut ditaksir (karena satu dan lain hal) atas dasar harga registrasi dan ternyata lebih besar dari harga pasaran, alokasi semacam ini dapat dikeluarkan (dipotong) dari barang-barang zakat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s