Pola Usaha

Pola Usaha adalah kondisi konkret suatu perusahaan secara menyeluruh yang selalu dikaitkan dengan kerangka umum/kebijakan umum mulai dari pengadaan raw material, iron stok, transfer of goods (antara lain penyelesaian proyek, proses produksi, distribution process, dan lain-lain), collection period (penagihan piutang) sampai dengan cash payment.

Aspek-aspek yang perlu dikaji dalam pola usaha:

a. Policy pengadaan dan kontinuitas supply raw material serta bahan-bahan penunjang lainnya; b. Kondisi riil/kemampuan serap pasar terhadap komoditi ybs (kelonggaran pasar yang tampak dari realisasi dan proyeksi demand supply);

c. Jenis/teknis antara lain dari pendistribusian barang, pelaksanaan proyek, proses produksi, pengelolaan tanaman (khusus untuk sektor perkebunan dan pertanian lainnya) serta pengelolaan komoditi perikanan/peternakan/pertambakan lainnya;

d. Kebijakan stock (bahan baku, bahan pembantu dan bahan penunjang lainnya);

e. Kebijakan pemasaran produk (komposisi penjualan cash dan pembiayaan), melalui: (i) Saluran distribusi (keagenan); (ii) Direct sales (langsung ke konsumen); Yang secara utuh tampak dalam “Marketing mix”;

f. Penagihan piutang (termasuk penetapan komposisi piutang lancar, ragu-ragu, dan tak tertagih).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s