Pengalihan (Penyaluran) Zakat

Pengalihan zakat dari suatu wilayah ke wilayah lain itu berdasarkan ketentuan-ketentuan berikut ini:

1. Pada dasarnya zakat disalurkan di tempat harta yang dizakati, bukan di tempat si pembayar zakat sehingga harta itu boleh dialihkan dari tempatnya untuk kemaslahatan yang lebih besar.

Di antara maslahat pengalihan zakat itu adalah: a. Dialihkan ke wilayah-wilayah tempat terjadinya perang fi sabilillah. b. Dialihkan ke lembaga-lembaga dakwah dan pendidikan maupun pusat kesehatan yang termasuk delapan golongan yang berhak menerima zakat. c. Dialihkan ke negara-negara Islam mana pun yang mengalami musibah kelaparan dan bencana alam. d. Dialihkan ke kaum kerabat si pembayar zakat yang berhak menerima zakat (mustahiq).

2. Mengalihkan zakat keluar wilayah pemungutan selain dalam kondisi yang disebutkan di atas tidak menghalangi sahnya pembayaran zakat tetapi makruh dengan syarat harta itu tetap disalurkan kepada orang-orang di antara delapan kelompok masyarakat yang mustahiq.

3. Yang dimaksud dengan daerah pemungutan zakat adalah daerah tempat zakat itu dipungut dan negeri-negeri lain yang ada di sekitarnya yang jauhnya kurang dari jarak shalat kasar (kurang lebih 82 kilometer) karena hal itu dianggap termasuk wilayah satu negeri.

4. Tindakan-tindakan yang boleh dilakukan dalam pengalihan harta zakat: a. Mempercepat pembayaran zakat sebelum akhir haul, selama masa waktu yang dibutuhkan untuk pendistribusian zakat tersebut kepada mustahiq, terhitung mulai dari haulhaul itu sempurna jika harta itu telah memenuhi syarat wajib. b. Menunda pembayaran selama masa waktu yang dibutuhkan untuk mengalihkan zakat tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s