Definisi Futures

Futures adalah

1. Perbedaan nilai antara pembelian dari penjualan future yang tertuang dalam future contracts secara simultan dalam instrumen keuangan yang sama untuk dikirim dalam waktu yang berbeda; (keuangan): Perbedaan nilai antara opsi membeli dan opsi menjual pada sekuritas yang sama; (valuta asing): Perbedaan harga permintaan dan penawaran dalam pasar spot; dikenal juga sebagai spot spread, sin. selisih nilai (spread);

2. kontrak berjangka panjang yang bersifat mengikat atau memberi kewajiban kepada kedua belah pihak untuk membeli atau menjual underlying aset tertentu (berupa valuta asing, tingkat bunga, ekuitas, atau komoditas) berdasarkan tingkat harga yang ditetapkan saat ini yang penyelesaian transaksinya dilakukan secara cash settlement pada masa yang akan datang sesuai dengan expiration date yang ditetapkan dalam kontrak tersebut.

Munculnya futures karena pembeli pada umumnya memiliki preferensi yang berbeda atas spesifikasi kualitas, jumlah dan tempat penyerahan aset dasarnya. Spesifikasi kuantitas dan kualitas underlying asets, initial price, dan besarnya margin bagi kedua belah pihak tetap ditentukan oleh exchange’s clearing house atau bursa khusus memperdagangkan futures secara terorganisasi.

Harga atas underlying asets dibedakan menjadi initial futures price (harga awal) dan terminal future price (harga pada saar kontrak futures di exercise) apabila terminal futures price lebih rendah daripada initial futures ketika dilaksanakan exercise, penjual akan mendapat profit. Sebaliknya, jika pada saat dilaksanakan exercise, terminal future price-nya dari underlying asets lebih tinggi daripada initial futures price-nya, penjual yang akan memperoleh keuntungan.

Kondisi ini menunjukkan bahwa kedua belah pihak dalam kontrak futures ini memiliki symetric exposure, mengingat adanya potential loss dan profit function yang seimbang antara penjual dan pembeli. Kontrak futures bukan dimaksudkan untuk memiliki underlying asets secara fisik, melainkan lebih merupakan financial instrument yang digunakan untuk meminimalisasi ekspektasi risiko dalam upaya mencapai profit tertentu.

Berdasarkan pada pertimbangan tersebut, sehingga kontrak futures pada umumnya tidak dipertahankan hingga expiration date, melainkan diselesaikan dengan cara closing out the position atau direserve sebelum berakhirnya masa kontrak. Reverse dilakukan dengan mengambil posisi berlawanan atas kontrak yang sama, yaitu sebagai penjual kontrak futures pada tingkat harga yang lebih tinggi.

Misalnya, Jika Anda ingin membeli kontrak futures pada 1 april 2008 atas komoditas tomat di Italia sebanyak 20.000 kg dengan initial futures price sebesar US$0,5 per kg. apabila tingkat harga yang berlaku atas underlying asets-nya pada 1 Oktober adalah $0,9 per kg, Anda dapat mereserve posisinya pada saat itu dengan menjual kontrak futures yang sama. Untuk itu ia akan memperoleh profit sebesar 20.000 x US$0,4 = $8.000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s