Berbagai Jenis Akad

Akad ‘Ainiyah adalah Akad yang disyaratkan dengan penyerahan barang-barang seperti jual beli.

Akad Amanah adalah Akad yang mengandung prinsip bahwa yang bertanggung jawab atas kerusakan benda adalah pemilik benda, bukan oleh yang memegang benda, seperti titipan (ida’).

Akad Ashliyah adalah Akad yang berdiri sendiri tanpa memerlukan adanya sesuatu dari yang lain, seperti jual beli dan i’arah.

Akad Berbasis Jual Beli adalah Dalam praktik perbankan syariah, akad berbasis jual beli (bay’) dibedakan atas dasar (i) penyerahan barang secara tunai dan pembayaran harga jual secara cicilan, (ii) pembayaran secara spot/tunai ketika akad disepakati dengan penyerahan barang secara ditunda, dan (iii) pembayaran secara bertahap atas dasar penyelesaian/pengiriman barang yang bertahap pula.

Akad Dhaman adalah Akad yang menjadi tanggung jawab pihak kedua sesudah benda-benda itu diterima seperti qaradh.

Akad Fasid adalah Akad yang tidak memenuhi segala ketentuan rukun dan syarat menurut ketetapan syar’i (cacat hukum).

Akad Fasihah adalah Akad-akad yang cacat atau cedera karena kurang salah satu syaratnya, baik syarat umum maupun syarat khusus seperti nikah tanpa wali.

Akad Fauri adalah Akad yang dilakukan dengan segera atau dalam merealisasikan akad tersebut tidak memerlukan waktu yang lama. Contohnya jual beli, setelah pihak penjual menyerahkan barang dan pembeli membayar maka selesailah akad jual beli kedua belah pihak.

Akad Ghair ‘Ainiyah: 1. Adalah akad yang tidak disertai dengan penyerahan barang-barang karena tanpa penyerahan barang-barang pun akad sudah berhasil, seperti akad amanah. 2. Adalah akad yang tidak bersifat kebendaan dan berhubungan dengan jasa (service).

Akad Ghairu Musammah adalah Bentuk akad yang namanya diberikan oleh dan timbul dari masyarakat menurut perkembangan dan kebutuhannya dengan ketentuan tidak keluar dari nilai-nilai dan prinsip umum dalam muamalah. Misalnya: Bai’ al Wafa’ dan Bai Istishna.

Akad Ida’; Akad titipan adalah Akad wadiah dalam fikih muamalah merupakan jenis dari akad ida’. Dalam perbankan syariah dapat dicontohkan dalam tabungan wadiah dan deposito wadiah

Akad Istimrar adalah Akad yang memiliki status hukum yang terus berjalan (zamaniyah) seperti I’arah.

Akad Isyarah adalah Akad yang akan dilakukan oleh pihak/badan hukum dengan cara memberi isyarat. Misalnya akad jual beli yang dilakukan dengan/oleh orang bisu.

Akad Ju’alah adalah Janji atau komitmen (iltizam) untuk memberikan imbalan tertentu (’iwadh/ju’l) atas pencapaian hasil (natijah) yang ditentukan dari suatu pekerjaan. Lihat Ju’alah.

Akad Kitabah adalah Akad yang dilakukan oleh para pihak/badan hukum dengan mempergunakan media tulis (surat). Dalam praktik kegiatan perdagangan konvensional baik dalam skala mikro maupun makro (perdagangan nasional maupun internasional) jenis akad ini banyak dipraktikkan untuk kemudahan dalam proses transaksi perdagangan antarnegara.

Akad Mabrur adalah Akad yang mentransaksikan barang-barang (komoditi) yang dibolehkan/dihalalkan syara’.

Akad Majhul adalah Akad yang mengandung unsur penipuan dan spekulatif (gharar) yang akan mengakibatkan kerugian bagi salah satu pihak. Contoh, akad jual beli dengan mencegat para kafilah (pedagang) di tengah jalan yang membawa barang dagangan mereka ke pasar.

Akad Maliyah; Akad yang bersifat kebendaan (berhubungan dengan harta benda).

Akad Mamnu’ah adalah Akad yang terlarang menurut syara’, seperti membeli ikan dalam kolam dan membeli buah-buahan yang masih di pohon.

Akad Mauquf adalah Akad-akad yang bertalian dengan persetujuan-persetujuan, seperti akad fudhuli.

Akad Mauqufah; Secara bahasa berarti akad yang ditangguhkan. Maksudnya adalah akad yang dilakukan oleh seseorang/badan hukum yang dipandang cakap hokum (orang yang dapat bertindak hukum tanpa bantuan orang lain), namun ia tidak bisa melangsungkan akad tersebut karena kekuasaannya terhadap objek akad belum ada padanya.

Akad Mu’alaq adalah Akad yang di dalam pelaksanaannya terdapat syarat-syarat yang telah ditentukan dalam akad, misalnya penentuan penyerahan barang-barang yang diakadkan setelah adanya pembayaran.

Akad Mu’awadhah adalah Akad yang berlaku atas dasar timbal balik seperti jual beli.

Akad Mudhaf adalah Akad yang dalam pelaksanaannya terdapat syarat-syarat mengenai penanggulangan pelaksanaan akad, pernyataan yang pelaksanaannya ditangguhkan hingga waktu yang ditentukan. Perikatan ini sah dilakukan pada waktu akad, tetapi belum mempunyai akibat hukum sebelum tibanya waktu yang telah ditentukan.

Akad Munjiz adalah Akad yang dilaksanakan langsung pada waktu selesainya akad.

Akad Musamah adalah Bentuk akad yang nama, dasar (status) hukum, dan tata cara pelaksanaannya telah ditetapkan secara jelas dan tegas oleh syara’. Seperti: akad wakalah (perwakilan), ijarah (sewa), jialah (sayembara), jual beli, wadiah (titipan), dan lain-lain.

Akad Mustamir adalah Akad yang memerlukan waktu untuk melangsungkan atau merealisasikannya. Contoh: akad ijarah.

Akad Musyara’ah adalah Akad-akad yang dibenarkan oleh syara’ seperti gadai dan jual beli.

Akad Nafidzah; 1. Adalah akad yang bebas atau terlepas dari penghalang-penghalang akad. 2. Adalah akad yang telah memenuhi rukun dan syarat serta tidak terdapat halangan (mani’) dalam merealisasikan (proses) akad tersebut.

Akad Ridaiyah adalah Akad yang dilakukan oleh para pihak/badan hukum atas dasar kerelaan atau suka sama suka (taraadhin) tanpa adanya paksaan (ikrah) dari pihak lain.

Akad Shahihah adalah Akad-akad yang mencukupi persyaratannya, baik syarat yang khusus maupun syarat yang umum.

Akad Syariah adalah Suatu perikatan yang tidak mengandung gharar (penipuan), maysir (perjudian), riba (bunga), zulmu (penganiayaan), risywah (suap), barang haram, maksiat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s