Al-Bai’ wal Ijarah Muntahiyah bit Tamlik (IMBT)

Al-Bai’ wal Ijarah Muntahiyah bit Tamlik (IMBT) merupakan rangkaian dua buah akad, yakni akad al-Bai’ dan akad Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik (IMBT). Al-Bai’ merupakan akad jual beli, sedangkan IMBT merupakan kombinasi antara sewamenyewa (ijarah) dan jual beli atau hibah di akhir masa sewa.

Dalam Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik, pemindahan hak milik barang terjadi dengan salah satu dari dua cara berikut ini: (1) Pihak yang menyewakan berjanji akan menjual barang yang disewakan tersebut pada akhir masa sewa; (2) Pihak yang menyewakan berjanji akan menghibahkan barang yang disewakan tersebut pada akhir masa sewa.

Pilihan untuk menjual barang di akhir masa sewa (alternatif 1) biasanya diambil bila kemampuan finansial penyewa untuk membayar sewa relatif kecil. Karena sewa yang dibayarkan relatif kecil, akumulasi nilai sewa yang sudah dibayarkan sampai akhir periode sewa belum mencukupi harga beli barang tersebut dan margin laba yang ditetapkan oleh bank.

Karena itu, untuk menutupi kekurangan tersebut, bila pihak penyewa ingin memiliki barang tersebut, ia harus membeli barang itu di akhir periode. Pilihan untuk menghibahkan barang di akhir masa sewa (alternatif 2) biasanya diambil bila kemampuan finansial penyewa untuk membayar sewa relatif lebih besar. Karena sewa yang dibayarkan relatif besar, akumulasi sewa di akhir periode sewa sudah mencukupi untuk menutup harga beli barang dan margin laba yang ditetapkan oleh bank.

Dengan demikian, bank dapat menghibahkan barang tersebut di akhir masa periode sewa kepada pihak penyewa. Pada al-Bai’ wal Ijarah Muntahia Bittamlik (IMBT) dengan sumber pembiayaan dari Unrestricted Investment Account (URIA), pembayaran oleh nasabah dilakukan secara bulanan. Hal ini disebabkan karena pihak bank harus mempunyai cash in setiap bulan untuk memberikan bagi hasil kepada para nasabah yang dilakukan secara bulanan juga.

Contoh: Nasabah membutuhkan jasa penyewaan barang saat ini hingga jangka waktu tertentu dan ingin memiliki barang tersebut di akhir masa sewa. Nasabah tidak mempunyai kemampuan membayar sewa secara sekaligus di muka (tunai). Nasabah hanya mampu membayar sewa secara bulanan selama masa sewa.

Untuk kondisi umum seperti tersebut, bank dapat melakukan 2 struktur akad: (a) Al-Bai’ wal ijarah dengan janji menjual barang di akhir masa sewa. (b) Al-Bai’ wal ijarah dengan janji menghibahkan barang tersebut di akhir masa sewa.

Skema akad yang digunakan adalah:

(1) Akad I: Al Bai’:

a. Pelaku: Bank bertindak sebagai pembeli; Pemilik barang sebagai penjual; b. Transaksi: Bank membeli barang dari pemilik barang dengan pembayaran tunai.

Dengan kondisi ini, (i) Bank mengeluarkan uang (cash out) sebesar Rpxx sebagai harga beli barang. (ii) Bank telah memiliki barang tersebut sehingga dapat menyewakannya pada pihak lain.

(2) Akad II: Ijarah Muntahiyah Bit Tamlik:

a. Pelaku; Bank bertindak sebagai pemberi sewa; Nasabah bertindak sebagai penyewa dan di akhir masa sewa akan membeli atau menerima hibah barang dari bank.

b. Transaksi: Bank menyewakan barang kepada nasabah dengan pembayaran uang sewa secara bulanan selama zz periode sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah. (i) Bank menyerahkan hak pemanfaatan barang selama zz bulan kepada nasabah. (ii) Bank menerima pembayaran sewa (cash in) sebesar Rpaa setiap bulannya selama zz periode yang disepakati dari nasabah. (iii) Bank menerima uang pembelian barang sebesar Rpbb apabila bank menjanjikan untuk menjual barang tersebut di muka. Namun, bila bank menjanjikan untuk menghibahkan barang tersebut, maka bank tidak menerima uang. (iv) Nasabah menerima barang baik sebagai hasil pembelian atau hibah dari bank.

Sumber Pendanaan: Karena bank menerima pemasukan (cash in) setiap bulannya, pembiayaan ini dapat didanai dengan menggunakan URIA sehingga bank dapat membayarkan bagi hasil setiap bulannya kepada nasabah pemegang URIA.

Sumber: KARIM Business Consulting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s