Implant Banking Program (IBP)

Implant Banking Program (IBP) adalah program kerja sama dengan suatu perusahaan yang dituangkan dalam Master Agreement berupa pemberian pembiayaan langsung kepada karyawan/wati dari perusahaan-perusahaan yang memenuhi kriteria bank syariah, baik perusahaan sebagai penjamin maupun tidak, dengan persyaratan yang relatif mudah/ringan bagi karyawan/wati.

Perusahaan Sebagai Penjamin adalah perusahaan yang menjamin penuh atas seluruh kewajiban karyawan/wait yang mendapat pembiayaan yang direkomendasikan oleh perusahaan sampai pembiayaan lunas, termasuk pula apabila karyawan/wati tersebut tidak lagi bekerja pada perusahaan karena pensiun, mengundurkan diri, dipecat, meninggal dunia dan atau sebab-sebab lain, perusahaan akan membayar/melunasi sisa kewajiban/pembiayaan karyawan/wati yang mendapat pembiayaan.

Perusahaan Tidak Sebagai Penjamin adalah perusahaan yang tidak menjamin kewajiban karyawan/watinya pada bank syariah, namun perusahaan wajib memberikan rekomendasi terhadap karyawan/wati yang mendapat pembiayaan atau melakukan pemotongan gaji dan tunjangan-tunjangan lain karyawan/watinya atau membantu pelunasan dari tunjangan yang diperoleh karyawan apabila terjadi tunggakan angsuran karyawan/wati tersebut atau kewajiban lain bila diperlukan.

Perusahaan Tidak Sebagai Penjamin terbagi dua: (1) Perusahaan tidak sebagai penjamin namun memberikan subsidi angsuran (margin) kepada karyawan/watinya. (2) Perusahaan tidak sebagai penjamin dan tidak memberikan subsidi angsuran (margin) kepada karyawan/watinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s