Mukallaf

Mukallaf adalah ism al-maf’ul (objek) dari kallafa–yukallifu–taklifan. Kallafa sendiri adalah bentuk transitif dari kalifa. Jika dikatakan kallafahu taklifan artinya amarahu bima fihi masyaqqah (memerintahkan kepadanya sesuatu yang mengandung masyaqqah [kesulitan]). Artinya, taklif adalah perintah yang mengandung kesulitan (masyaqqah).

Dengan demikian, mukallaf secara bahasa adalah orang yang mendapat perintah yang mengandung kesulitan (masyaqqah). Abu Hilal al-‘Askari mengatakan, bahwa asal dari taklif dalam bahasa Arab adalah al-luzum (beban/paksaan). Menurutnya, secara bahasa taklif adalah ilzam ma yasyuqqu iradah al-insaniyah (mengharuskan atau membebankan sesuatu yang memberatkan kehendak alami manusia). Jadi secara bahasa taklif adalah al-amru bi asy-syai’ wa ilzam bihi (memerintahkan sesuatu dan mengharuskannya).

Mukallaf adalah orang yang mendapat taklif. Karenanya, secara bahasa mukallaf adalah al-mulzam bima fihi masyaqqah (orang yang dibebani sesuatu yang mengandung masyaqqah [kesulitan]). Istilah taklif dan mukallaf kemudian tampak menonjol dalam kajian ushul fikih dan fikih.

Para ulama ushul membahas siapa yang menjadi objek hokum (al-mahkum ‘alayh) atau siapa yang mendapat beban hukum. Al-Mahkum ‘alayh inilah yang mereka istilahkan sebagai mukallaf. Dari sini kemudian lahirlah makna istilah dari mukallaf.

Pemaknaan mukallaf ini dilakukan dengan menggalinya dari nash yang berkaitan dengan siapa yang dibebani hukum syariah. Karenanya, definisi mukallaf tersebut menjadi definisi syar’i. Terkait dengan muamalah, Mukallaf adalah subjek hukum yang dipandang layak oleh Islam menerima dan melaksanakan kewajiban yang timbul dari perbuatan hukum. Mukallaf bisa juga diartikan sebagai Subjek hukum, yaitu subjek hukum yang dipandang layak oleh Islam menerima dan melaksanakan kewajiban yang timbul dari perbuatan hukum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s