Definisi Nisbah dan Berbagai Jenisnya

Nisbah adalah 1. Rasio atau perbandingan; Rasio pembagian keuntungan (bagi hasil) antara shahib al-mal dan mudharib. 2. Angka yang menunjukkan perbandingan antara satu nilai dan nilai lainnya secara nisbi, yang bukan perbandingan antara dua pos dalam laporan keuangan dan dapat digunakn untuk menilai kondisi perusahaan; sin. Rasio (ratio).

Nisbah Aktiva Tetap Terhadap Modal Bersih adalah Nisbah ini digunakan untuk menentukan tingkat investasi dalam aktiva tetap dengan modal yang dimiliki oleh pemilik usaha/bisnis; dalam ketentuan bidang perbankan nisbah aktiva tetap terhadap modal bersih tidak boleh melebihi 50% (ratio of fixed asets to net worth).

Nisbah at-Tamwil wa al-Wada’I adalah Financing to Deposit Ratio (FDR). Rasio pembiayaan bank syariah dengan dana pihak ketiganya; Rasio penyaluran dan penghimpunan dana.

Nisbah Fi Ihtiyathi Naqdi adalah Rasio cadangan tunai (cash ratio); Bagian dari total aktiva bank komersial yang ditahan dalam bentuk aktiva yang mempunyai likuiditas tinggi utuk menghadapi penarikan uang oleh nasabah dan kewajiban keuangan lainnya.

Nisbah Jariyah adalah Rasio lancar (quick ratio); perbandingan antara aktiva lancar dan kewajiban jangka pendek.

Nisbah Jumlah Modal adalah Rasio jumlah modal (total capita/ratio).

Nisbah Kas adalah rasio kas (cash ratio).

Nisbah Laba Bersih Terhadap Modal Bersih adalah Nisbah untuk menilai risiko kredit, yaitu kemampuan bisnis (kegiatan usaha) untuk menghasilkan laba dalam satu periode (rate of net profits to net worth).

Nisbah Laba Terhadap Aktiva (ROA) adalah Laba bersih dibagi total aktiva; ROA merupakan rasio atau nisbah utama untuk mengukur kemampuan dan efisiensi aktiva dalarn menghasilkan laba (profitabilitas) (return on ossets/ROA).

Nisbah Laba Terhadap Modal adalah Laba bersih dibagi modal sendiri merupakan rasio atau nisbah profitabilitas yang mengukur tingkat kemampuan modal dalam menghasilkan laba bersih (return on equity/ROE)

Nisbah Likuiditas adalah Nisbah yang mengukur kemampuan bank, perusahaan, atau peminjam untuk memenuhi kewajiban jangka pendek yang jatuh tempo; nisbah ini dihitung dengan membagi aktiva lancar dengan utang lancar (liquidity ratio).

Nisbah Modal Primer Terhadap Aset adalah Modal inti dibagi rata-rata total aset (primary capitol to asets ratio).

Nisbah Modal Sesuaian adalah Rasio modal yang telah disesuaikan terhadap total aset; rasio ini digunakan dalam perhitungan kecukupan modal; perhitungan modal bank dilakukan dengan memperhitungkan cadangan kerugian kredit macet, cadangan kerugian/keuntungan surat berharga dikurangi dengan kredit yang diklasifikasikan macet (adjusted capital ratio).

Nisbah Modal Terhadap Risiko Aset adalah Jumlah modal dibagi rata-rata total aset nilai setiap aset tersebut didasarkan pada bobot risikonya (capital to risk asets ratio).

Nisbah Perputaran adalah Nisbah yang menunjukkan tingkat kecepatan konversi piutang menjadi kas atau lamanya perputaran aset menjadi kas (turnover ratio).

Nisbah Si’ri al-Sahmi ila al-Ribhi adalah Rasio pendapatan terhadap harga suatu saham (price earning ratio – PER).

Nisbah utang terhadap modal bersih adalah Nisbah ini digunakan untuk menetapkan proporsi utang terhadap modal bersih yang digunakan dalam kegiatan usaha (ratio of debt to net worth).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s