Definisi Laba

Laba adalah 1. kelebihan pendapatan dibandingkan dengan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan tersebut (profit); 2. Keuntungan yang diperoleh dari perdagangan.

Laba atau Rugi di atas Kertas adalah Perkiraan laba atau rugi atas surat berharga yang dimiliki yang sebenarnya belum terjadi; juga disebutkan sebagai keuntungan atau kerugian di atas kertas; ketentuan akuntansi menetapkan hahwa kerugian yang belum direalisasikan dari surat berharga yang disebabkan oleh turunnya harga pasar harus dicantumkan dalam laporan rugi laba meskipun sekuritas tersebut belum dijual (unrealized profit or loss).

Laba atau Rugi Nyata adalah Keuntungan atau kerugian yang terjadi atas penjualan suatu surat berharga yang dijual atau dipindahtangankan dengan harga yang lebih tinggi atau lebih rendah jika dibandingkan dengan harga beli (realized profit or loss).

Laba Bersih adalah Laba bersih yang diperoleh dalam tahun buku berjalan setelah dikurangi taksiran utang pajak (nett profit).

Laba Ditahan adalah 1. Saldo laba bersih setelah dikurangi pajak yang oleh kantor pusatnya diputuskan untuk ditahan di kantor cabangnya di Indonesia. 2. Saldo laba bersih setelah dikurangi pajak yang oleh RUPS atau rapat anggota diputuskan untuk tidak dibagikan (retained earning).

Laba Kotor (Gross Profit) adalah Disebut juga margin kotor merupakan selisih antara penjualan dan harga pokok penjualan. Laba kotor mengindikasikan seberapa jauh perusahaan mampu menutupi biaya produknya.

Laba Kotor Penjualan adalah Laba yang diperoleh dari penjualan dikurangi harga pokok barang penjualan (gross profit on sales/GPS).

Laba Normal adalah Jumlah laba yang tidak terlalu tinggi, tetapi juga tidak terlalu rendah sehingga suatu usaha masih layak untuk tetap dipertahankan (normal profit).

Laba Operasi (Earnings from Operations) adalah Merupakan selisih antara penjualan dan seluruh biaya serta beban operasi. Laba Operasi biasanya tidak termasuk pajak dan biaya modal.

Laba Operasional adalah Laba perusahaan yang diperoleh dari kegiatan usaha pokok perusahaan yang bersangkutan dalam jangka waktu tertentu (net operating income).

Laba Sebelum Pajak (Earnings Befor Taxes) adalah Merupakan laba dari operasi berjalan sebelum cadangan untuk pajak penghasilan. Laba ditentukan dengan menggunakan dasar AKRUAL (accrual basis) dalam akuntansi. Akrual: Pendapatan diakui pada saat perusahaan menjual barang dan menyerahkan jasa, terlepas dari saat diterimanya kas. Beban dipadankan dengan dengan pendapatan yang diakui tersebut, terlepas dari saat pembayaran kas.

Laba Tahun Berjalan adalah Laba yang diperoleh dalam tahun buku berjalan setelah dikurangi taksiran pajak.

Laba Tahun Lalu adalah Seluruh laba bersih tahun-tahun yang lalu setelah dikurangi pajak, dan belum ditetapkan penggunaannya oleh kantor pusat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s