Analisis Akuntansi (Accounting Analysis)

Analisis Akuntansi (Accounting Analysis) merupakan proses evaluasi sejauh mana akuntansi keuangan mencerminkan realitas ekonomi. Analisis Akuntansi dilakukan dengan mempelajari transaksi keuangan dan peristiwa perusahaan, menilai dampak kebijakan akuntansi terhadap laporan keuangan, menyesuaikan laporan keuangan tersebut agar lebih mencerminkan keadaan ekonomi yang mendasarinya dan membuatnya lebih sesuai untuk analisis keuangan. Laporan keuangan merupakan sumber informasi utama untuk analisis laporan keuangan. Kualitas analisis keuangan tergantung pada keandalan laporan keuangan yang selanjutnya tergantung pada kualitas analisis akuntansi.

Analisis akuntansi khususnya penting untuk analisis komparatif. Rujukuan analisis akuntansi adalah prinsip-prinsip akuntansi. Dalam kenyataannya prinsip dasar akuntansi tidak selamanya “catch up” dengan kompleksitas perusahaan. Prinsip dasar akuntansi muncul sebagai bagian dari proses politik untuk memenuhi kepentingan berbagai pihak yang sering kali memiliki benturan kepentingan. Keterbatasan Akuntansi memengaruhi kegunaan laporan keuangan dan menimbulkan masalah dalam analisis.

Ketidakseragaman akuntansi menyebabkan masalah perbandingan (tidak “Apple to Apple”). Company A menerapkan kebijakan akuntansi berbeda dari Company B untuk transaksi yang sama. Akan terjadi kekacauan kalau “perusahaan” terlalu sering mengubah kebijakan akuntansinya. Ketidaktepatan dalam akuntansi dapat mendistorsi informasi laporan keuangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s