Definisi Time Value of Money

Time Value of Money adalah teori keuangan konvensional mendasarkan argumen bunganya dengan konsep time value of money. Namun demikian, walaupun konsep time value of money ini dibantah dengan economic value of time, bukan berarti perangkat matematis yang digunakan oleh konsep tersebut tidak dapat dipakai lagi.

Rumus-rumus matematik yang digunakan dalam teori keuangan konvensional pada dasarnya dapat juga digunakan dalam keuangan syariah, misalnya untuk menentukan tingkat keuntungan yang diminta oleh bank syariah. Dalam kasus ini, halal-haramnya suatu transaksi tidak bergantung pada rumus matematik apa yang dipakai, karena sesungguhnya matematik hanyalah sekadar alat saja. Suatu yang halal tetap halal, baik bila diukur dengan metode persentase ataupun tidak.

Singkatnya, laba 10% adalah halal karena laba itu sendiri halal. Sedangkan bunga 10% adalah haram, karena bunga itu sendiri haram. Hal ini perlu disampaikan untuk mengantisipasi keberatan dari pihak-pihak tertentu yang menyatakan bahwa perhitungan dalam keuangan syariah menggunakan rumus-rumus matematik yang sama dengan yang digunakan dalam keuangan konvensional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s