Berbagai Macam Asuransi

Asuransi Tanggung Gugat adalah produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada Tertanggung, terhadap risiko yang timbul karena adanya tuntutan dari pihak lain (Pihak Ketiga) sehubungan dengan aktivitas personal/perusahaan milik Tertanggung. Produk Asuransi Tanggung Gugat tidak terlepas dari Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga (TJH).

Asuransi Uang adalah Asuransi yang menjamin kerugian atas hilang atau rusaknya uang tunai/yang dapat disamakan dengan uang selama dalam perjalanan pengangkutan.

Aswaq kharijiyah adalah Pasar valuta asing (foreign exchange market); suatu pasar (market) yang mempertemukan pembelian dan penjualan mata uang asing.

Asuransi Kredit (Pembiayaan) adalah Asuransi yang memberikan pertanggungan kepada kreditur (bank) atas risiko terjadinya kerugian karena kredit (pembiayaan) macet (credit insurance/financing insurance).

Asuransi Kurang adalah Asuransi yang ditutup dengan nilai tanggungan lebih rendah daripada nilai barang atau jumlah risiko (underinsurance).

Asuransi Laut adalah Asuransi pengangkutan yang berhubungan dengan kapal laut dan muatannya. Asuransi tersebut menanggung segala risiko akibat bahaya di laut pada pelayaran tertentu untuk jangka waktu tertentu, kecuali yang secara tegas dinyatakan tidak ditanggung (marine insurance).

Asuransi Perlindungan Bank adalah Polis asuransi, yang dibeli melalui perantara asuransi, yang melindungi bank terhadap kerugian akibat berbagai macam tindakan kriminal, seperti penipuan oleh pegawai, perampokan, pencurian, dan pemalsuan (bankers’ and brokers’ blanket bond).

Asuransi Pihak Ketiga adalah Asuransi mengenai pertanggungan risiko karena bahaya tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga (liability insurance).

Asuransi Segala Risiko adalah Asuransi yang pertanggungannya mencakup segala macam risiko, kecuali bahaya yang secara tegas dinyatakan tidak ditanggung (all risk insurance).

Asuransi Kebakaran; 1. Adalah asuransi mengenai pertanggungan risiko atas barang-barang terhadap bahaya kebakaran dalam jangka waktu tertentu (fire insurance). 2. Adalah asuransi yang menjamin kerugian dan kerusakan atas bangunan/harta benda, barang-barang lainnya akibat kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, kerusuhan, gempa bumi, kerusakan, pemogokan dan sebagainya.

Asuransi Kelompok adalah Asuransi terhadap bahaya kematian, kecelakaan, dan lain-lain untuk tertanggung yang terdiri atas sekelompok orang yang homogen dengan menggunakan satu polis (group insurance).

Asuransi Bahaya Perang adalah Polis yang memuat pertanggungan risiko bahaya perang (war risk insurance).

Asuransi Berlebih adalah Kondisi dalam penutupan pertanggungan yang jumlah pertanggungannya lebih tinggi daripada nilai pasar objek asuransi itu sendiri (overinsurance).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s