Syirkah Musytarakah

Berikut ini adalah ketentuan mengenai syirkah musytarakah:

(1) Perubahan bentuk kerja sama dapat dilakukan dengan syarat disetujui oleh para pihak yang bekerja sama.

(2) Pembagian keuntungan dan atau kerugian dalam kerja sama modal dinilai secara proporsional.

(3) Apabila para pihak tidak memperjanjikan mengenai pembagian keuntungan dan kerugian, keuntungan dan kerugian dibagi berdasarkan keseimbangan, sedangkan mereka yang hanya menyertakan keahliannya mendapatkan bagian yang sama dengan pemodal terendah.

(4) Dalam kerja sama modal yang disertai dengan kerja sama pekerjaan maka pekerjaan dinilai berdasarkan porsi tanggung jawab dan prestasi.

(5) Setiap pihak yang melakukan kerja sama berhak menjual harta bersama untuk mendapatkan uang tunai atau cicilan, sesuai harga pasar.

(6) Jika salah satu pihak yang bekerja sama menggunakan modal syirkah untuk membeli benda yang sejenis dengan benda yang mereka perniagakan, benda itu menjadi benda syirkah.

(7) Jika salah satu pihak yang bekerja sama yang telah melakukan transaksi, menunjuk orang lain untuk menjadi wakilnya agar menerima uang dan atau surat berharga lainnya dari harta yang dijual, pihak lain tidak dapat memecat wakil itu.

(8) Hanya pihak yang menunjuk yang berhak memecat wakil yang ditunjuknya.

(9) Pemecatan wakil oleh pihak lain yang bekerja sama dapat dilakukan apabila telah menerima pendelegasian dari pihak lain yang berhak.

(10) Tidak satu pihak pun yang boleh meminjamkan harta syirkah kepada pihak ketiga tanpa izin dari anggota syirkah lainnya.

(11) Biaya perjalanan yang dilakukan oleh salah satu pihak yang bekerja sama untuk kepentingan usaha bersama, dibebankan pada biaya syirkah.

(12) Setiap pihak anggota syirkah boleh menggadaikan harta syirkah atau menerima harta gadai; mengembangkan usaha dengan barang syirkahnya ke luar negeri; dan membuat kerja sama dengan pihak ketiga, dengan izin semua pihak yang bekerja sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s