Definisi Wali

Wali adalah seseorang atau kurator badan hukum yang ditetapkan oleh pengadilan untuk melakukan perbuatan hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan, untuk kepentingan terbaik bagi muwalla.

Berikut ini ada beberapa ketentuan pada wali: (1) Kekuasaan wali, mulai berlaku sejak penetapan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap. (2) wali wajib menjamin dan melindungi muwalla dan hak-haknya sampai cakap melakukan perbuatan hukum. (3) wali dapat mencabut atau memberi izin kepada muwalla untuk melakukan perbuatan hukum tertentu dengan mempertimbangkan keuntungan atau kerugian dari perbuatan hukum tersebut. (4) Kekuasaan wali berakhir karena: a. meninggal dunia; b. muwalla telah memiliki kecakapan melakukan perbuatan hukum; atau c. dicabut berdasarkan penetapan pengadilan. (5) wali wajib mengganti kerugian yang diderita muwalla atas kesalahan perbuatannya. (6) Penetapan kesalahan perbuatan wali dan penggantian kerugian muwalla ditetapkan oleh pengadilan.

Wali terdiri atas: a. orang tua muwalla; b. orang yang menerima wasiat dari orang tua muwalla; c. orang lain atau badan hukum yang ditetapkan oleh pengadilan.